Tuesday, November 3, 2009

Jawaban Ping Pong

Ternyata, tidak sulit-sulit amat. Berikut ini adalah bagian yang mengandung logika terpenting (didalam method paint atau paintComponent)

    public void paint(Graphics g){
        super.paint(g);
        g.setColor(Color.PINK);
        if(x==width){
            arah="ke kiri";
        }else if(x==0){
            arah="ke kanan";
        }
        if(arah.equals("ke kiri")){
            x--;
            g.fillOval(x, 70, 20, 20);
        }else if(arah.endsWith("ke kanan")){
            x++;
            g.fillOval(x, 70, 20, 20);
        }
    }

Ada pertanyaan ? Hayoo coba bagian lainnya bagaimana ? Dimana mendeklarasikan x dan arah ? Apa tipe dari variable arah ? Apakah perlu memberi nilai arah="" pada konstruktor ? Siapa berani jawab ?

9 comments:

  1. sep pak... dapat di mengerti....

    ReplyDelete
  2. Stephen Zhuang 03320090010November 4, 2009 at 7:56 AM

    No comment pak. yang pertanyaan dimana mendeklarasikan x dan arah sama tipe dari variable arah sih tau. tapi prlu ato ngak dikasi nilai arah="" pada konstruktor gak tau jawabannya. ahaha

    ReplyDelete
  3. Muhammad Feikal 03320090033November 4, 2009 at 6:53 PM

    thx pak sekalian quiz buat besok dong pak!!

    ReplyDelete
  4. Ray Karta 03320090009November 4, 2009 at 10:05 PM

    -bagian lainnya sama seperti membuat quiz kemaren.
    -cara deklarasi x dan arah
    int x;
    String arah;
    secara global:
    public class name_of_class extends JPanel implements ActionListener {
    private String arah;
    private Int x;
    }
    secara lokal
    public void paint(Graphics g){
    String arah;
    int x;
    }

    -tipe var dari arah itu String.
    -perlu pak. soalnya biar dikenal isi varny, sesuai dengan yg diisikan dalam " "

    ReplyDelete
  5. pak,, saya sudah selesai yg ping pong.
    apakah benar, yg saya buat..
    tp seh jalan seperti yg diinginkan.
    tolong di beri komen pak.
    http://java.pastebin.com/m678c4858

    ReplyDelete
  6. kelas gerik :
    http://java.pastebin.com/m70807eb3
    BoxJframe :
    http://java.pastebin.com/d5a759f56

    pak tolong komennya...

    ReplyDelete
  7. @Ray Karta: bagus, dan merupakan alternatif lain dari pendefinisian arah.

    ReplyDelete
  8. Kalau mau tau perlu apa nggak dikasih nilai arah="",
    coba saja hapus tulisan arah="". Apa yang terjadi ?

    ReplyDelete