Thursday, November 5, 2009

Kuis 4 untuk 5 November 2009

Wah maaf ketiduran (sehingga postingnya telat). Berikut ini adalah soal kuis hari kamis 5 November 2009. Kerjakan satu diantara dua soal berikut (sesuai dengan instruksi yang akan diberikan di ruang laboratorium komputer). Jika tidak selesai (sesuai soal berikut) dalam 60 menit, maka nilainya adalah 40.
  1. Buat program visual sederhana untuk menampilkan sebuah persegi panjang yang bergerak atas-bawah sesuai dengan posisi kursor ketika berada di jScrollPane. Gunakan mouseEntered (bukan mouseClicked) yang dibuat melalui properties, untuk gerakan persegi panjang tersebut. Gunakan variabel global untuk menyimpan posisi vertikal mouse sehingga bisa dipakai oleh fungsi/method lain (nilai sampai sini 60). Ketika mouse di klik (berarti gunakan mouseClicked untuk ini, bukan mouseEntered), sebuah lingkaran (sebut A) akan keluar dari persegi panjang tersebut dan bergerak ke kiri. Gunakan variabel global tadi untuk mengambil posisi vertikal dari persegi panjang untuk digunakan sebagai posisi vertikal dari lingkaran tersebut (nilai sampai sini 80). Buatlah sasaran berupa lingkaran ditengah (sebut B). Ketika A menumbuk B, B bergerak meneruskan gerakan A, sedangkan A berhenti (nilai sampai sini 100).
  2. Buat program visual sederhana untuk menampilkan sebuah persegi panjang yang bergerak atas-bawah sesuai dengan posisi kursor ketika berada di jScrollPane. Gunakan mouseEntered (bukan mouseClicked) yang dibuat melalui properties, untuk gerakan persegi panjang tersebut. Gunakan variabel global untuk menyimpan posisi vertikal mouse sehingga bisa dipakai oleh fungsi/method lain (nilai sampai sini 60). Ketika mouse di klik (berarti gunakan mouseClicked untuk ini, bukan mouseEntered), sebuah lingkaran (sebut A) akan keluar dari persegi panjang tersebut dan bergerak ke kiri. Gunakan variabel global tadi untuk mengambil posisi vertikal dari persegi panjang untuk digunakan sebagai posisi vertikal dari lingkaran tersebut (nilai sampai sini 80). Buatlah sasaran berupa kotak besar ditengah (sebut B). Ketika A menumbuk B, B tetap diam, sedangkan A terpantul ke arah sebaliknya dengan kelajuan sama dengan kelajuan awalnya (nilai sampai sini 100).

2 comments:

  1. Elbert Yonalis -03320090002-November 5, 2009 at 7:11 AM

    PAK!!!! SUSAH BANGET YA PAK???
    buat persegi panjangny jalan atas bawah sesuai kursor aj ga bisa ne pak.... astaga

    ReplyDelete
  2. tenang, pake event dari mouse: pada layar design, klik kanan, pilih event, pilih mouse entered (atau sejenisnya), lalu klik. Nah bikin programnya deh disitu ......

    ReplyDelete