Thursday, November 5, 2009

Jawaban Kuis 4 nomor 2

Silahkan pelajari jawaban kuis 4 nomor 2 agar anda bisa menjawab kuis 4 nomor 1. Silahkan di download , di unzip lalu di buka projeknya dan di run. Kalau tidak bisa menjalankan projeknya melalui netbeans, paling tidak pelajari listing programnya. Prosedur pembuatannya memang panjang. Tapi intinya adalah beberapa gambar perlu di implementasikan lebih dari sekali. Misalnya untuk menggambar target: target perlu ada sebelum ada moncong meriam yang timbul karena gerakan mouse di dalam jSrollPane. Ada pertanyaan ? Siapa yang sudah berhasil mengerjakan kuis 4 soal 1 ?

7 comments:

  1. Stephen Zhuang 03320090010November 5, 2009 at 10:31 PM

    Keren pak Agus..
    Tapi masih bingung dgn bbrp variabel yang harus dikurang dan ditambahin sama variabel lebarTinggi. Masi harus diplajarin dl. Makasi pak buat solusinya..

    ReplyDelete
  2. Kegunaan dikurang dan ditambah dengan variabel lebarTinggi adalah untuk memastikan range (daerah) mentok yang tepat. Coba deh di ubah lebarTinggi=0, maka bisa ada keadaan dimana harusnya mental tapi tak mental, atau harusnya tak mental tapi mental. Kegunaan lainnya adalah untuk memastikan bahwa posisi kotak adalah memang di tengah jScrollPane. Kalau lebarTinggi=0, maka kotak akan berada lebih ke kanan bawah sedikit (karena posisi x,y pada g.drawRect adalah posisi pojok kiri atas kotak, bukan posisi tengah kotak.

    ReplyDelete
  3. Stephen Zhuang 03320090010November 6, 2009 at 10:36 AM

    Sep pak, setelah saya buat ulang, saya ngerti kapan hrs dikurang dan kapan harus ditambah. Dan saya dah bs buat agar bola numbuk persegi bener2 disisi kanan persegi, bukan dititik tengah persegi. Sekarang mau bikin agar setelah tumbukan, persegi jalan gmn yah? Ada ide pak? Soalnya td dicoba2 ga dpt.

    ReplyDelete
  4. Bagus ......... saya senang dengan semangat anda. Supaya persegi panjang jalan ...... berarti mirip dengan soal satunya ya ? Untuk itu, ubah bagian terkait dengan target diam di method paintComponent milik dari class PeluruDanTarget. Buatlah target tersebut menjadi berjalan jika ....

    ReplyDelete
  5. Stephen Zhuang 03320090010November 7, 2009 at 12:23 AM

    Hanya cukup menambahkan sedikit argumen if pada bagian terkait dgn target diam dimethod paintComponent milik dari class PeluruDanTarget saja tanpa mengubah argumen2 if yg lain, yg berkatian dengan peluru misalnya?

    ReplyDelete