Thursday, September 3, 2009

Bagaimana kelanjutan praktikum pemrograman komputer 4 September 2009 ?

Bacaan berikut diperuntukkan khusus bagi mereka yang sudah menyelesaikan tugas ComboBoxAndCircle sampai dengan mengaktifkan comboBox terkait dengan warna. Untuk perubahan yang minimal:
  1. Buatlah konstruktor kedua dengan 2 argumen. Argumen pertama terkait dengan warna dan argumen kedua terkait dengan banyaknya bola/lingkaran (tentu saja tipe variablenya adalah bilangan bulat)
  2. Pada fungsi paint, tambahkan pernyataan if. Jika yang dipilih adalah 1 lingkaran, maka tampilkan 1 lingkaran. Jika yang dipilih adalah 2 lingkaran, maka tampilkan dua lingkaran. Artinya g.drawOval dan/atau g.fillOval dipanggil 2 kali dengan posisi koordinat yang berbeda. Lakukan hal serupa untuk pilihan 3 lingkaran
  3. Nah sekarang bagaimana cara memanggil / menggunakan class yang mengandung g.drawOval tersebut ? Caranya serupa dengan sebelumnya. Bedanya adalah konstruktor yang dipanggil sekarang adalah konstruktor yang mengandung 2 argumen.
Singkat kata, silahkan download lagi file Java Lab Modul paling cepat Jum'at siang 4 September 2009. Tapi jangan berharap source code nya persis sama. Perbedaan paling penting adalah banyaknya argumen pada konstruktor dan package yang digunakan. Silahkan pelajari lebih lanjut. Pastikan sebelum kuliah Selasa dimulai, anda sudah membaca java tutorial (salah satu file yang berada di folder doc dari DVD) minimal object oriented programming concept dan language basics . Usahakan dua materi tersebut anda pahami sedapat mungkin. Kalau ada pertanyaan sebelum selasa, silahkan ditanyakan dalam blog ini. Pemahaman yang cukup sebelum kuliah / praktikum dimulai, memungkinkan anda menikmati (ga pusing, stress, bingung) seluruh proses belajar dalam tatap muka dan praktikum.

No comments:

Post a Comment